Mengenal Apa itu DirectX?

SwebaseMengenal Apa itu DirectX? – DirectX sering kali kita temukan ketika hendak memasang game pada komputer, kamu akan diminta untuk update terlebih dahulu DirectX agar game tersebut dapat berjalan. Peranan DirectX sangat penting dalam dunia game karena DirectX mempermudah pengembang game untuk mengeksploitasi fitur-fitur yang dimiliki oleh hardware.

Dalam mengembangkan game untuk PC, salah satu tantangan besar yang harus dihadapi oleh para pengembang game adalah mereka harus berhadapan dengan sekian banyak konfigurasi hardware.

Ada ratusan jenis graphics card, motherboard, dan chipset untuk PC, sedangkan kebutuhan setiap pengguna tidaklah sama. Oleh sebab itulah muncul berbagai PC dengan konfigurasi hardware yang beraneka ragam. Para pengembang game harus memastikan bahwa game buatan mereka bisa dimainkan pada semua konfigurasi hardware tersebut. Disinilah peranan penting DirectX mulai terlihat.

Lantas, apa itu DirectX? Jika kamu bingung, simak ulasannya berikut ini.

Apa itu DirectX?

DirectX adalah seperangkat Antarmuka Pemrograman Aplikasi tingkat rendah (API) yang menyediakan program Windows dengan dukungan multimedia berakselerasi peranti keras berkinerja tinggi. DirectX memungkinkan program untuk dengan mudah menentukan kapabilitas perangkat keras komputer Anda, dan kemudian mengatur parameter program untuk dicocokkan.

DirectX memungkinkan aplikasi multimedia dan video Anda dengan cepat menyisihkan sejumlah besar RAM dan ruang Memori Video dan akses CPU untuk memungkinkan aplikasi ini berjalan mulus. Kepala di antara ini adalah permainan yang tanpa DirectX, platform Windows tidak akan mendominasi dalam game seperti yang dilakukannya.

Fungsi DirectX

Pengertiannya sudah, lalu apa fungsi DirectX sebenarnya? kenapa begitu penting? 
DirectX pada awalnya dibuat untuk memudahkan para programmer untuk membuat game, kala itu programmer harus menuliskan instruksi yang sama setiap kali ingin membuat game, misalnya instruksi untuk mengakses langsung video card, monitor, dan sound devices. Cara itu dinilai tidak efisien dan Microsoft menciptakan DirectX dengan tujuan agar programmer tak perlu capek-capek menuliskan instruksi yang sama setiap kali membuat game, namun cukup dengan menggunakan API yang telah disediakan di dalam DirectX. 


Itu adalah fungsi DirectX di mata programmer, lalu bagaimana fungsi DirectX di mata pengguna, seperti gamer?
DirectX berfungsi sebagai perantara hardware dengan sistem operasi, jadi dengan adanya DirectX, hardware yang dimiliki dapat dioptimalkan lebih baik ketika digunakan bermain game atau program lainnya. 
Semakin baru versi DirectX, semakin bagus pula pengoptimalan yang dilakukan. Namun ingat ya, DirectX ini fungsinya mengoptimalkan performa hardware, bukan meningkatkan. Semuanya memang tergantung hardware yang agan miliki.

Komponen Dari DirectX

DirectX mempunyai beberapa komponen yang saling melengkapi agar dapat mengoptimalka kerja dari hardware, diantaranya yaitu :

1.DirectX Graphics
DirectX Graphics ini adalah suatu komponen dalam directX yang mengatasi masalah pada Graphic. Terkadang sanagat diperlukan oleh game yang hendak kita mainkan. Mulai dari direct draw hingga sampai direct3d.

2.DirectX Input
DirectX Input ini merupakan komponen yang menangani bagian peripheral hardware iput, seperti halnya mouse, keyboard, joystick, dan lain lain.

3.DirectX Sound
Komponen dasar yang berisi konfiguarsi audio di komputer. Banyak media player yang mengharuskan adanya directx sound ini, contohnya VLC player dan WinAMP.

Cara Kerja DirectX

DirectX adalah penyambung interface antara hardware dalam komputer kita dan sistem operasi, yang adalah bagian dari Windows API. Di dalam penerapannya, saat pegembang game ingin memutar file suara , maka meraka hanya butuh memanggil library yang sesuai. Ketika memainkan game, ia memanggil DirectXAPI, yang akan memutar semu afile suara dari game tersebut.

Dengan kata lain pengembang game tidak perlu mengetahui jenis sound cloud apa yang di pakai oleh pemain game tersebut. Microsoft sudah menyuguhkan DirctX, dan pabrik sound card telah menyuguhkan driver yang memiliki kemampuan DirectX. Dan jadi pengembang cukup menanyakan suara yang ingin dimainkan.

Jika komputer anda tidak mempunyai DirectX, tenang jangan kawatir karena fungsi komputer akan tetap berjalan stabil, dan tidak akan ada kerusakan.

Akhir Kata

Sekian ulasan mengenai Mengenal Apa itu DirectX?, Semoga bermanfaat dan Terima Kasih telah berkunjung.

Baca Juga :
1. Cara Membuat Brosur di Microsoft Word Dengan Mudah
2. Cara Membuat Wajah Jadi Tua di FaceApp
3. Cara Mudah Daftar Akun Moonton Mobile Legends

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *