Cara Update Driver Windows Yang Baik dan Benar

Swebase Cara Update Driver Windows Yang Baik dan Benar – Pada kesempatan ini swebase akan menunjukkan bagaimana cara memperbarui driver paling baik untuk dilakukan pada windows. Driver adalah program yang menghubungkan antara sistem operasi dengan perangkat keras yang ada pada komputer.

Driver memungkinkan sistem operasi Windows mengontrol perangkat keras seperti VGA, touch pad, wifi card, dan perangkat lainnya. Tanpa adanya driver maka perangkat keras tidak bisa berfungsi karena tidak ada program penggeraknya.

Untuk kalian yang penasaran bagaimana Cara Update Driver Windows Yang Baik dan Benar. langsung saja ikuti terus artikel yang Admin buat dibawah ini. silahkan disimak yaa.

Cara Update Driver Windows Yang Baik dan Benar

Berikut ini cara update driver dengan baik dan benar yang dapat kamu lakukan sebagai berikut :

  1. Langkah yang pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan Klik Start
  2. Lalu silahkan kalian klik setting
  3. Kemudian kalian Update and Security
  4. Dan Klik Windows Update
  5. Klik tombol Check For Update

Setelah kamu menyelesaikan langkah-langkahnya, Driver akan diunduh secara otomatis dan kamu bisa melihat hasil unduhannya di Device manager.

Cara Update Driver dengan Menggunakan Device Manager

Device Manager adalah sebuah applet Control Panel yang ada di sistem operasi Microsoft Windows. Yang memungkinkan bagi kita nih sebagai pengguna untuk melihat dan mengontrol perangkat keras yang ada dan terinstal pada komputer kita. Trus ketika salah satu hardware yang ada di komputer tidak bekerja/berfungsi, maka hardware tersebut akan disorot dan diperlihatkan kepada pengguna untuk menanganinya. Daftar hardware yang ada dalam komputer dapat kita urutkan berdasarkan berbagai kriteria, bisa berdasarkan type, berdasarkan koneksi, dll.

Beberapa fungsi kegunaan Device Manager antara lain adalah :
1. Menunjukkan status suatu hardware
2. Menunjukkan informasi detil suatu hardware
3. Mengelola driver hardware
4. Disable & Enable hardware
5. Meng-identifikasi konflik antar hardware, dll.
6. Device Manager paling sering digunakan untuk pengelolaan driver suatu hardware. Misalnya instalasi driver, uninstal driver, update driver, rollback driver, dan bermacam problem yang berkaitan dengan driver suatu hardware.

Berikut cara update driver dengan baik dan benar yang dapat kamu lakukan sebagai berikut:

  1. Pertama silahkan kalian Buka menu Start
  2. Kemudian Cari Device Manager
  3. Lalu pilih Device yang ingin kamu perbarui atau Update
  4. Kemudian klik kanan pada driver dan pilih Update Driver
  5. Klik Search automatically for update driver software
  6. Tunggu hingga proses update selesai

Setelah kalian menyelesaikan langkah – langkah diatas, Driver angkat di cari dan diinstall secara otomatis seperti kamu mengupdate Windows melalaui Server Microsoft.

Cara Update Driver melalui Manufactur

Komputer dan laptop bahkan notebook (mini laptop) yang tidak memiliki ODD (optical disk drive) pun biasanya di sertai dengan disc yang berisi driver (untuk notebook tentunya kalian harus tahu cara install driver tanpa cd, namun tentu saja tidak selengkap dan se-update apabila kalian mendownload-nya dari manufaktur perangkat keras, namun hal tersebut akan sangat merepotkan.

Untuk mengatasi hal tersebut kalian dapat memanfaatkan layanan yang di sediakan oleh manufaktur laptop tersebut dengan mendownload kumpulan driver yang di sediakan khusus untuk laptop yang bersangkutan, misalnya untuk mencari kumpulan driver khusus untuk laptop yang Saya dengan merek ASUS, Saya cukup mengunjungi situs web www.asus.com dan mengikuti arahan untuk mendownload semua driver yang di butuhkan laptop Asus Saya.

Jika driver kalian tidak tersedia melalui pembaruan diatas, sebaiknya kalian mengikuti langkah dibawah ini untuk memperbaruinya

Berikut cara update driver dengan baik dan benar yang dapat kalian lakukan sebagai berikut:

  1. Klik kanan Pada logo Windows
  2. Pilih Device Manager
  3. Dobel Klik Pada perangkat yang ingin kalian update
  4. Klik kanan untuk memluai update
  5. Klik Browse my computer for driver software
  6. Pilih folder utama dengan file driver yang telah kalian ekstrak sebelumnya.
  7. Klik ok
  8. Periksa opsi Include Subfolders Untuk menemukan Wizard File “Inf” yang benar dengan intruksi untuk memperbarui Driver.
  9. Klik Next

Akhir Kata

Sekian pembahasan yang dapat Admin sampaikan mengenai Cara Update Driver Windows Yang Baik dan Benar. Semoga dengan adanya ulasan yang Admin sampaikan ini dapat bermanfaat buat kalian yang membacanya. Dan Terimakasih telah berkunjung dan terus ikuti Swebase untuk mengetahui informasi yang lebih menarik yang akan Admin bagikan.

Baca Juga :
1. Cara Repost Instagram Dengan Mudah
2. Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar HP Terbaik
3. Cara Mudah Mengatasi Memori Internal HP Penuh

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *