Cara Mudah Mengetahui Siapa Saja Yang Menggunakan Wifi Indihome Kalian

SwebaseCara Mudah Mengetahui Siapa Saja Yang Menggunakan Wifi Indihome Kalian – Buat kalian yang menggunakan layanan Wi-Fi IndiHome dan sering mendapati koneksi internetnya lemot bahkan hingga sama sekali tak bergerak, jangan langsung berburuk sangka dengan layanan provider tersebut.

Seperti dikutip dari Teknologi.id (Haluan Media Group), Selasa (28/7/2020), Karena lemotnya suatu koneksi internet pada Wi-Fi bisa jadi merupakan ulah pihak tak bertanggung jawab yang sengaja membobol Wi-Fi kalian agar bisa mendapatkan layanan internet tanpa harus keluar biaya. Mirisnya, kebanyakan kasus pembobolan Wi-Fi pribadi semacam ini sebagian besar justru dilakukan oleh tetangga-tetangga sekitar atau bahkan teman dekatmu sendiri!

Nah, untuk itu, kalian perlu memeriksa detail siapa saja sih sebenarnya orang-orang yang menggunakan Wi-Fi pribadimu? Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya agar Wi-Fi di kemudian hari tidak lagi dibobol orang tak bertanggung jawab?

Mencari Tahu Siapa Saja Yang Menggunakan Wifi Indihome Kalian

1. Masuk ke alamat IP Indihome

Semua pelanggan yang memasang Wifi Indihome tentu akan diberi modem dengan IP tertentu. Umumnya petugas Indihome akan memberikan info IP modem Huawei HG8245H5 atau modem ZTE yang dibeli saat memasang Indihome. Alamat IP modem Huawei biasanya yaitu 192.168.100.1 atau IP 192.168.2.254. Jika ragu, kamu bisa tanyakan langsung ke petugas yang Indihome. Setelah mengetahui alamat IP yang digunakan untuk Wifi Indihome, maka kalian bisa memasukan alamat tersebut ke browser dengan ditambahi di awalnya http:// dan dilanjutkan alamat IP.

2. Masuk ke akun Indihome

Setelah memasukan alamat IP ke browser, maka sistem secara otomatis akan membawa kalian ke halaman login akun. Kolom account dan password harus diisi untuk bisa masuk ke akun tersebut. Format account dan password untuk default yaitu “Admin”, namun kalian bisa menggantinya agar Wifi lebih aman.

Cara mengganti password bisa dilakukan lewat menu Modify Login Password. Dan ikuti petunjuknya dengan mengisi password lama dan password baru. Lalu klik apply untuk mengganti password login modem Huawei.

Selain menggunakan modem Huawei, pengguna layanan Wifi Indihome juga bisa mengecek perangkat yang terhubung ke Wifi lewat modem ZTE. Cara untuk mengetahui perangkat yang terhubung bisa dilakukan dengan cara yang sama.

Username dan Password default modem ZTE saat memasang Wifi Indihome yaitu User dan user. Pengguna bisa mengganti password modem ZTE tersebut di menu administrator.

3. Cari informasi perangkat yang tersambung

Dan cara mengetahui siapa saja yang menggunakan wifi Indihome kamu menggunakan modem Huawei atau modem ZTE selanjutnya dengan pilih menu status. Klik menu User Device Information untuk melihat informasi siapa saja atau perangkat mana yang ikut tersambung ke jaringan Wifi Indihome kalian.

Detail informasi yang bisa dilihat antara lain host name, device type, MAC adres, dan Device Status. Jenis perangkat yang tersambung ke jaringan Wifi Indihome bisa dilihat di kolom Host Name. Jika ada perangkat yang tidak dikenal, maka pengguna layanan Wifi Indihome bisa menghapus dan memblokir perangkat itu.

4. Log out dari akun

Setelah mengetahui siapa yang menggunakan wifi Indihome kalian, maka perangkat yang tidak dikenal bisa kalian blokir. Cara untuk memblokir pengguna yang ikut menggunakan Wifi Indihome dapat dilakukan dengan klik di kolom Host Name.

Masuk ke tab security dan pilih delete. Lalu blokir pengguna agar tidak bisa menggunakan wifi lagi dengan pengaturan pada WLAN Mac Filter Configuration. Masukan mac address untuk perangkat yang ingin kalian blokir.

Perangkat tersebut tidak bisa lagi menggunakan Wifi Indihome kalian walau sudah memasukan password yang benar. Setelah melihat informasi perangkat yang terhubung, maka kalian bisa logout dari halaman modem Huawei tersebut.

Cara Mencegah Pembobolan Wi-Fi Indihome

1. Perkuat Password

Salah satu cara paling ampuh untuk mengamankan koneksi Wi-Fi agar tidak mudah ditembus atau dibobol orang lain adalah dengan menggunakan password yang kuat dan unik.

Yang perlu diingat, jangan gunakan tanggal lahir kalian atau password yang mudah lainnya. Pilihlah password yang terbilang sulit diingat oleh orang lain, namun mudah diingat oleh kalian sendiri. Password yang kuat biasanya menggunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil dan angka.

2. Ganti SSID

Kalian juga bisa mengganti Service Set Identifier (SSID) jaringan agar koneksi Wi-Fi terbebas dari pembobol yang tidak bertanggung jawab.

Bagi yang belum tahu, SSID adalah nama dari jaringan Wi-Fi yang kalian gunakan. Nah, supaya Wi-Fi kalian tidak mudah dibobol, gunakanlah nama SSID Wi-Fi yang unik

3. Enkripsi WPA2

Gunakanlah enkripsi Wi-Fi Protected Access atau WPA2. Selain WPA 2, kalian juga bisa memakai enskripsi lain seperti WEP (Wired Equivalent Privacy) atau WPA generasi sebelumnya.

Namun, untuk saat ini, Wi-Fi Protection Access 2 atau WPA2 adalah metode pengamanan jaringan yang dinilai paling aman untuk digunakan. Jadi, kalau tidak mau dibobol orang, pastikan koneksi Wi-Fi kalian sudah menggunakan standar pengamanan ini, ya.

4. Matikan WPS

Cara alternatif lainnya untuk mencegah jaringan Wi-Fi IndiHome yang kalian pakai dibobol orang adalah dengan mematikan fitur Wi-Fi Protected Setup atau WPS. WPS adalah sistem keamanan pada WiFi yang digunakan untuk menghubungkan router dengan HP atau laptop.

Penggunaan WPS bisa membuat seseorang membobol jaringan WiFi dengan menggunakan aplikasi secara mudah tanpa memasukkan password, lho. Jadi, sebaiknya matikan fitur Wi-Fi Protected Setup ini bila kalian ingin jaringan WiFi IndiHome tetap aman.

5. Block MAC Address

Last but not least, kalian bisa mem-filter Media Access Control Address atau MAC Address untuk melindungi agar jaringan Wi-Fi tidak dapat dibobol orang lain dengan mudah. MAC Address adalah alamat jaringan atau ‘kode unik’ yang umumnya ada pada device seperti laptop atau HP.

Akhir Kata

Itulah Cara Mudah Mengetahui Siapa Saja Yang Menggunakan Wifi Indihome Kalian, Semoga tips ini bermanfaat untuk kalian dan bisa mengetahui pencurian internet di jaringan yang kalian miliki. Terima Kasih.

Baca Juga :
1. Aplikasi Terbaik Whatsapp Transparan,Begini Cara Menginstalnya
2. Cara Mengedit Video Di Inshot Dengan Menambahkan Lagu,Begini Caranya

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *