Cara Menghilangkan Virus di Flashdisk Dengan Mudah

SwebaseCara Menghilangkan Virus di Flashdisk Dengan Mudah – Flasdisk adalah media penyimpanan paling praktis. Ukurannya yang kecil sehingga mudah untuk dibawah dibawa kemana-mana. meski sekarang sudah banyak hard disk eksternal, flashdisk masih tetap populer digunakan. Terlebih lebih banyak yang memindahkan data-data ringan menggunakan flashdisk.

Baru-baru ini kami menemukan Virus di Flashdisk yang menyembunyikan semua file di drive dan membuat perintah yang disebut .ink dan .inf. Serangan virus yang bisa masuk ke flashdisk tentunya bisa terjadi karena beberapa faktor, mulai dari penggunaan pada berbagai perangkat PC atau laptop, serangan virus dari aplikasi-aplikasi yang tersimpan di flashdisk, serta lain sebagainya. Untuk itu kalian harus menghapus virus tersebut. Admin akan membahas nya, silahkan simak dibawaah ini.

Cara Menghilangkan Virus di Flashdisk Dengan Mudah

Ada beberapa cara yang dapat kalian gunakan untuk menghilangkan virus di flashdisk, kalian bisa memilih cara yang mana yang ingin kalian gunakan.

1. Menghilangkan Virus dengan Format Flashdisk

Langkah berikut menunjukkan cara Format Flashdisk untuk menghilangkan virus.

  1. Langkah yang pertama silahkan kalian Hubungkan USB Flashdisk ke Komputer.
  2. Lalu Klik Start dan pilih Computer.
  3. Kemudian klik Kanan Pada Nama Flashdisk dan pilih opsi Format.
  4. Pilih tombol Start pada pop-pup Informasi flashdisk.
  5. Tekan OK pada Warning Pop-up.
  6. Eject USB Flashdisk dari komputer setelah proses selesai.
  7. Selesai.

Dengan menggunakan cara ini Flashdisk kalian akan bersih dan terbebas dari virus.

2. Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk

Berikut ini langkah – langkahnya :

  • Langkah yang pertama silahkan kalian Tancap atau colokan Flashdisk ke komputer kemudian buka Flashdisk tersebut.
  • Lalu Klik “Organize” lalu klik “Folder and search options”.
  • Kemudian aktifkan “Show hidden files, folders, and drives” lalu unchecklist pada “Hide protected operating system files (Recommended)”. Jika muncul notice seperti di bawah, Klik “Yes”.
  • Nah, biasanya sampai sini folder yang disembunyikan oleh virus sudah kembali muncul. Hanya saja masih berstatus semi-hidden.
  • Untuk menormalkannya kembali, silahkan buka CMD (Command Prompt). Setelah terbuka, ketik lokasi dimana Flashdisk berada, misal: Drive H, berarti ketik H:
  • Selanjutnya, ketikan attrib -s -r -h /s /d di CMD, seperti gambar di bawah.
  • Kemudian tekan Enter.
  • Sekarang cek Flashdisk kalian, apakah semua folder sudah kembali normal lagi.
  • Jika sudah, silahkan hapus folder yang menurut kalian aneh dan tidak jelas.

3. Menghilangkan Virus di Flashdisk dengan CMD

Langkah-langkah untuk menghilangkan virus di flashdisk dengan cmd :

  1. Langkah Pertama yaitu buka program CMD dengan cara mengetikkan tombol Windows + R di keyboard.
  2. Kemudian kembalikan path ke root drive. Caranya, ketik sintaks “cd/” (tanpa tanda kutip), kemudian tekan Enter di keyboard.
  3. Ketik drive letter dari drive yang akan dicek, misalnya D:, E:, atau G:. Untuk drive letter flash disk, kalian bisa mengeceknya di Windows Explorer, tepatnya di My Computer.
  4. Lalu ketik “attrib”, kemudian tekan Enter pada keyboard.
  5. Kemudian akan muncul daftar dari file-file yang ada di drive beserta atributnya yang terletak di bagian kiri Command Prompt. [“s:” sistem Windows “h :” file tersembunyi, “a :” file archive.]
  6. Kemudian ketik “dir/a:hs” untuk menampilkan file dengan atribut “hidden” dan “sistem” yang biasanya digunakan oleh virus sebagai bentuk kamuflase untuk menyembunyikan diri.
  7. Setelah itu, lihat daftar file atau folder yang muncul. Cek file dengan nama autorun.inf. hapus atribut file dengan cara kalian ketik command “attrib –h –s autorun.inf”. Tujuannya adalah untuk menghapus atribut hidden dan sistem.
  8. Hapus file dengan command “del autorun.inf”. pastikan drive flashdisk tidak dikunci. Atau hapus dari Windows Explorer. Jangan membuka membuka langsung file apapun di flashdisk. Alasannya sekali terbuka, maka virus akan menyebar ke komputer kalian.
  9. Kemudian kalian harus mengetik “dir/a:hs” lalu lihat daftar list file dengan keterangan HS (Hidden System). Jika ada dan ternyata muncul banyak sesuai dengan jumlah file yang muncul saat menggunakan command di awal, itu artinya adalah file atau folder yang disembunyikan oleh virus. Hanya saja file atau folder yang muncul tersebut merupakan file atau folder asli yang tidak berekstensi .EXE.
  10. Hapusan virus dengan command “del *.lnk”, kemudian “del *.exe”. Pastikan drive flashdisk kalian tidak dikunci. Atau hapus dari Windows Explorer. jangan membuka langsung file apapun di flashdisk.
  11. Selesai.

Akhir Kata

Sekian pemahasan yang dapat Admin sampaikan mengenai Cara Menghilangkan Virus di Flashdisk Dengan Mudah, Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Baca Juga :
1. Cara Menghilangkan Tab yang Muncul Sendiri Dengan Mudah
2. Cara Membuat Email Di Android Dengan Mudah
3. Cara Download Mangakuri APK Dengan Mudah

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *