Cara Menggunakan Google Classroom Dengan Mudah

SwebaseCara Menggunakan Google Classroom Dengan Mudah – Akibat virus corona yang telah menyebar di Indonesia pemerintah menghentikan proses belajar mengajar secara keseluruhan. Namun proses pembelajaran tetap dilakukan dengan memanfaatkan teknologi salah satu cara adalah dengan penggunaan platform Google Classroom.

Salah satu platform yang paling populer digunakan saat ini untuk proses belajar online, adalah Google Classroom. Platform ini tidak hanya mudah digunakan, namun juga memiliki banya fitur yang mendukung proses belajar mengajar secara online. Sebagai pengembang Google menjelaskan platform Classroom dapat membantu siswa dan pengajar untuk mengorganisir tugas, meningkatkan kolaborasi, dan menumbuhkan komunikasi yang lebih baik. Dalam pengembangan Classroom, Google bekerja sama dengan pengajar di berbagai negara untuk menciptakan aplikasi yang optimal untuk proses belajar mengajar secara online. Simak ulasan berikut untuk mengetahui Cara Menggunakan Google Classroom.

Apa itu Google Classroom

Google Classroom adalah suatu serambi aplikasi pembelajaran campuran secara online yang dapat digunakan secara gratis. Pendidik bisa membuat kelas mereka sendiri dan membagikan kode kelas tersebut atau mengundang para siswanya. Google Classroom ini diperuntukkan untuk membantu semua ruang lingkup pendidikan yang membantu siswa untuk menemukan atau mengatasi kesulitan pembelajaran, membagikan pelajaran dan membuat tugas tanpa harus hadir ke kelas.

Tujuan utama Google Classroom adalah untuk merampingkan proses berbagi file antara guru dan siswa Google Classroom menggabungkan Google Drive untuk pembuatan dan distribusi penugasan, Google Docs, Sheets, Slides untuk penulisan, Gmail untuk komunikasi, dan Google Calendar untuk penjadwalan. Siswa dapat diundang untuk bergabung dengan kelas melalui kode pribadi, atau secara otomatis diimpor dari domain sekolah.

Setiap kelas membuat folder terpisah di Drive masing-masing pengguna, dimana siswa dapat mengirimkan pekerjaan untuk dinilai oleh guru. Aplikasi ini tersedia bagi pengguna seluler perangkat iOS dan Android yang memungkinkan pengguna mengambil foto dan melampirkan penugasan, berbagi file dari aplikasi lain dan mengakses informasi secara offline. Guru dapat memantau kemajuan untuk setiap siswa, dan setelah dinilai, guru dapat kembali bekerja bersama dengan komentar.

Cara Menggunakan Google Classroom

Cara menggunakan Google Classroom terbilang cukup mudah. Hal pertama yang dibutuhkan adalah akun Google. Jika belum mempunyai, maka diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu. Setelah itu, akses laman Classroom.google.com dan login menggunakan akun Google. Jika sudah masuk ke halaman utama Google Classroom, pilih tanda “+” ditepi kanan atas. Jika anda masuk sebagai murid, pilih “Join Class” dan masukan kode yang diberikan oleh pengajar.

Sedangkan jika anda masuk sebagai pengajar, pilih “Create Class,” kemudian centang syarat dan ketentuan, lalu masukan nama kelas, bagian, subjek, kamar, lalu pilih create. Setelah itu Google Classroom siap digunakan, dan bagikan kode kepada murid. Langkah yang sama juga dapat diterapkan jika ingin mengakses Google Classroom melalui aplikasi. Langsung buka aplikasi tersebut, kemudian login menggunakan akun Google. Untuk membuat kelas dapat dilakukan cara yang sama seperti membuat kelas di Classroom versi website.

Google Classroom ini dapat diakses melalui website maupun lewat aplikasinya. Jika ingin menggunakannya lewat aplikasi, pengguna dapat mengunduhnya secara gratis di Google PlayStore dan App Store.

Manfaat Menggunakan Google Classroom

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan apabila menggunakan aplikasi ini diantaranya:

1. Mudah diatur

Pengajar bisa menambahkan muridnya secara langsung atau melalui kode khusus. Hanya butuh beberapa menit untuk mempersiapkan dan mengatur.

2. Hemat Waktu

Membuat, meninjau, dan menandai tugas bisa dilakukan dalam satu tempat.

3. Lebih teratur

Murid bisa dengan mudah melihat seluruh tugas atau tugas yang sedang diberikan dengan jelas di dalam Google Drive.

4. Meningkatkan komunikasi

Pengajar bisa melakukan diskusi atau tanya jawab kapan saja. Murid bisa membagikan sumber jawaban.

5. Terjangkau dan aman

Google Classroom tidak menampilkan iklan dan gratis.

Akhir Kata

Demikian ulasan mengenai Cara Menggunakan Google Classroom Dengan Mudah, semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Baca Juga :
1. Cara Menggunakan WhatsApp Web Di Laptop Dan HP Dengan Mudah
2. Cara Mudah Mengembalikan Chat WA (WhatsApp) yang Terhapus
3. Apa Itu FWB Di Telegram?, Berikut Penjelasannya

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *