Cara Mengatasi HP Android Bootloop Dengan Mudah

SwebaseCara Mengatasi HP Android Bootloop Dengan Mudah – Cara mengatasi HP bootloop sebenarnya sangat mudah dan cepat. Namun anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya.

Bootloop merupakan kondisi perangkat lunak pada HP yang berbasis Android sedang mengalami kerusakan.

Dengan kata lain, OS gagal masuk pada sistem pokok yang menyebabkan layar HP menampilkan satu perintah saja, yakni logo Android atau vendor secara berulang-ulang.

Anda tidak perlu langsung pergi ke counter handphone bila mengalami hal tersebut. Karena ada beberapa cara dalam menangani HP bootloop.

Apa itu Bootloop?

Bootloop adalah masalah pada bagian software Android yang tidak bisa masuk ke dalam sistem. Ciri-cirinya berupa tampilan layar HP kalian yang selalu menampilkan logo Android.

Jika kalian menemukan masalah seperti ini, jangan pernah panik, jangan langsung datang ke service center, gengs. Kamu tinggal ikutin saja nih cara mengatai bootloop di bawah ini.

Cara Mengatasi HP Android Bootloop

Sampai saat ini, saya pernah mengalami beberapa kali bootloop pada HP Android yang saya gunakan. Sebagian besar karena ROM yang digunakan tidak cocok, tapi pernah juga karena gagal ganti font.

Untuk cara mengatasinya, biasanya saya lakukan secara bertahap, mulai cara yang paling sederhana hingga cara yang cukup rumit. Mau tahu? berikut adalah cara-cara tersebut:

Restart HP

Untuk langkah awal yang harus Anda coba ketika mengalami HP bootloop adalah melakukan restart. Cara ini biasanya berhasil ketika jenis bootloop tersebut adalah light bootloop.

Berikut caranya:

  1. Matikan HP dengan menekan tombol power selama beberapa saat.
  2. Setelah HP mati, lepas baterai (kecuali HP baterai tanam), kartu SIM, dan kartu memori.
  3. Selanjutnya, silahkan pasang kembali beberapa item yang sebelumnya dilepas.
  4. Terakhir, silahkan coba nyalakan HP Anda.

Kalau ternyata HP bisa booting dan masuk ke sistem Android, kemungkinan besar permasalahan HP Anda hanyalah bootloop ringan saja.

Wipe Cache

Cara berikutnya yang masih bisa dikatakan mudah dan aman adalah wipe cache partition. Cara ini tidak akan menghapus data-data yang ada di HP Anda.

Untuk menghapus cache partition, silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Pertama, silahkan masuk ke Recovery HP Anda. Caranya, tekan tombol Power + Volume Up / Power + Volume Down / Home + Power + Power Up (silahkan dicoba satu per satu).
  2. Setelah itu, Anda akan dibawa ke Recovery Mode Android. Jika muncul gambar robot tidur, silahkan tekan tombol Power.
  3. Selanjutnya, pilih wipe cache partition dan tunggu proses selesai.
  4. Jika sudah, pilih reboot system now untuk masuk kembali ke sistem Android.
  5. Tunggu proses booting selesai.

Untuk booting awal (setelah wipe cache), mungkin perlu waktu lumayan lama ya, lebih lama dari booting pada umumnya. Sekadar gambaran saja, Android akan booting kisaran 5 -10 menit.

Factory Reset

Factory reset adalah mengembalikan HP ke pengaturan awal. Jadi, semua aplikasi ataupun file yang ada di HP Android akan hilang dan kembali seperti semula.

Cara melakukan factory reset hampir mirip dengan cara sebelumnya, berikut rinciannya:

  1. Pertama, silahkan masuk ke Recovery HP Anda. Caranya, tekan tombol Power + Volume Up / Power + Volume Down / Home + Power + Power Up (silahkan dicoba satu per satu).
  2. Setelah itu, Anda akan dibawa ke Recovery Mode Android.
  3. Jika sudah masuk recovery, pilih wipe data/factory reset. Jika ada penegasan apakah benar-benar mau melakukan factory reset, silahkan pilih Yes.
  4. Silahkan tunggu proses sampai selesai, biasanya memakan waktu yang sedikit lama.
  5. Jika sudah selesai, pilih reboot system now dan tunggu booting selesai.

Sama halnya dengan wipe cache, Anda juga harus sedikit bersabar untuk menunggu booting HP yang baru saja melakukan factory reset.

Flashing ROM

Flash adalah cara paling ampuh untuk mengatasi HP yang bootloop. Cara ini bisa dikatakan cara pamungkas yang sering dilakukan oprekers Android jika cara sebelumnya tidak berhasil.

Jika Anda sudah memasang CWM/TWRP permanen di HP Android, maka Anda bisa melakukan flashing ROM melalui HP. Tapi, jika HP Anda belum terpasang fitur tersebut, maka Anda harus menggunakan PC.

Hal paling penting yang harus diperhatikan ketika flashing ROM adalah memilih firmware yang tepat. Karena kalau firmware tidak sesuai dengan HP, proses flashing tidak akan berhasil atau HP akan tetap bootloop.

Akhir Kata

Sekian ulasan mengenai Cara Mengatasi HP Bootloop Dengan Mudah, Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung diblog ini.

Baca juga :
1. Situs Download Game Pc dengan Gratis
2. Aplikasi Baca Berita Terbaik untuk Android
3. Cara Mudah Membuat Barcode

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *