Cara Membersihkan Drive C Penuh Dengan Mudah

SwebaseCara Membersihkan Drive C Penuh Dengan Mudah -Buat kalian pasti kesal jika ingin menginstall aplikasi tetapi Drive C sudah full, padahal koleksi aplikasi kalian masih sedikit. Itu dikarenakan berkas sisa aplikasi yang kamu buka menumpuk dan tidak pernah dihapus. File itu yang membuat drive C menjadi full.

Drive C di Laptop atau PC biasanya digunakan untuk menyimpan sistem operasi, karena itulah apabila drive ini penuh maka akan memengaruhi performa dari Laptop PC kita. Karena itulah kita harus secara rutin membersihkan drive C di Laptop supaya tidak penuh dan membuat Laptop PC jadi lag atau bahkan hang karena banyak sampah.

Buat kalian yang ingin membersihkan Drive C Penuh, silahkan simak ulasan berikut ini.

Penyebab Drive C Penuh?

Cache berfungsi untuk menyimpan data untuk pengingat sehingga kalian tidak memerlukan waktu yang lama untuk mengakses data yang sama. Contohnya, ketika kalian membuka satu folder di laptop, maka file cache tercipta. Nah, ketika kalian membuka folder yang sama kembali, file cache akan terbaca dan memuat lebih cepat.

Namun jika kebanyakan file cache juga tidak bagus, data ini akan menumpuk dan akan menyebabkan masalah lain seperti laptop menjadi lelet dan bahkan panas. File cache akan tersimpan secara otomatis jadi kalian tidak bisa mengontrol, yang bisa dilakukan adalah hanya menghapusnya sehingga tidak menumpuk terlalu banyak. Drive C penuh juga bisa disebabkan oleh file aplikasi, game, file yang terlalu besar, maupun data pribadi yang terletak pada folder Dekstop, Download.

Cara Membersihkan Drive C Penuh

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kalian gunakan:

1. Dengan Menghapus File-File Pribadi

Cara pertama yang bisa coba kalian lakukan adalah menghapus file-file pribadi milik Anda. kalian bisa memilih file-file mana saja yang bisa dihapus atau bisa juga memindahkannya ke tempat lain.

2. Menghapus Temporary File dari Sistem

Seiring penggunaan PC atau laptop, cache di perangkat tersebut akan terus bertambah.

Nah, ikuti cara ini untuk menghilangkan data cache tersebut:

  1. Tekan tombol Windows dan R
  2. Ketik Temp lalu klik OK
  3. Hapus semua folder dan file di sana

Ulangi juga:

  1. Tekan tombol Windows dan R
  2. Ketik %Temp% (dengan persen) lalu klik OK
  3. Hapus semua data yang ada di sana

 3. Hapus Cache Browser

Cache yang diperoleh dari Internet bisa lebih dari cache yang terkandung dalam sistem. Ini adalah hasil dari gambar atau blitz yang disimpan dalam sistem. Jika kalian menghapus cache di browser, lokasinya berubah. Namun, biasanya, kalian dapat menghapusnya melalui Opsi atau Pengaturan -> Kosongkan cache atau cari riwayat, karena biasanya juga ada opsi untuk menghapus cache.

4. Bersihkan file duplikat dengan Duplicates Cleaner

File duplikat yang terlalu banyak juga bisa membuat drive C kita cepat penuh. Masalahnya kita tidak bisa mendeteksi semua file duplikat yang ada di komputer kita secara manual. Untuk mengatasinya kita bisa menggunakan aplikasi bernama Duplicates Celaner yang bisa kalian download dari Microsoft Store.

3. Gunakan Storage Sense

Bagi kalian yang menggunakan Windows 10 bisa coba menggunakan fitur yang satu ini untuk membersihkan drive C. Sebenarnya fungsinya sama seperti cara sebelumnya yaitu untuk menghapus cache. Perbedaannya adalah cara ini lebih otomatis.

Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama silahkan cari di kolom search dengan mengetikkan storage sense.
  2. Pastikan kolomnya sudah On.
  3. Kemudian klik Configure Storage Sense or run it now.
  4. Setelah itu klik Clean.
  5. Nah Anda tinggal tunggu prosesnya sampai selesai.

 5. Menggunakan CC Cleaner

Selain menggunakan cara manual, Anda juga bisa membersihkan drive C dengan menggunakan bantuan tools cleaner contohnya adalah CC Cleaner.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa membersihkan file sampah, cache, file duplikat, riwayat, dan sejenisnya degan mudah. Adapun cara menggunakannya adalah:

1. Download dan Install aplikasi Ccleaner Free Version.

2. Lalu buka aplikasi tersebut, sobat tinggal klik Analisa seperti yang ditunjukan anak panah berikut.

3. Selanjutnya tinggal klik “Jalankan Ccleaner”

 4. Tunggu proses penghapusan file trash atau junk file lainya selesai.

Akhir Kata

Sekian pembahasan mengenai Cara Membersihkan Drive C Penuh Dengan Mudah, Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Baca Juga :
1. Cara Download MKCTV Apk Dengan Mudah
2. Cara Download VN Pro Mod Apk Dengan Mudah
3. Cara Membuat Google Form Dengan Mudah

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *